Senin, 21 Juli 2008

bayi mammoth terawetkan sempurna

Bayi mammoth itu ditemukan di Semenanjung Yamal, Rusia, dan diperkirakan mati 10 ribu tahun lalu. Belalai dan kedua matanya masih melekat utuh di tubuhnya dan sebagian tubuhnya masih bermantelkan bulu.

Bangkai binatang purba itu ditemukan seorang penggembala rusa kutub pada Mei lalu. Penggembala itu, Yuri Khudi, tersandung gundukan mammoth itu di dekat Sungai Yuribei.

Mammoth adalah anggota keluarga gajah yang telah punah. Hewan ini, kalau dewasa, dikenal dengan gadingnya yang panjang dan meliuk serta mantel rambutnya yang panjang.

Sang bayi yang ditemukan itu berukuran tinggi 130 sentimeter dan berat 50 kilogram. Ia diduga spesimen yang berasal dari pengujung zaman es ketika hewan buas itu menghilang dari bumi.

Pekan lalu, sebuah tim pakar internasional bertemu di Kota Salekhard, dekat tempat penemuan binatang purba itu, untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan. "Tak ada cacat yang ditemukan pada tubuhnya, kecuali ekornya sedikit terpotong," kata Alexei Tikhonov, Deputi Direktur Zoological Institute of the Russian Academy of Sciences dan anggota delegasi peneliti. "Ini penemuan paling berharga bila dilihat dari tingkat pengawetannya."

Sejumlah ilmuwan berharap sperma yang terawetkan dengan baik atau sel lain yang mengandung DNA aktif bisa digunakan untuk membangkitkan kembali mammoth. Ahli genetik yakin bisa membuat bayi mammoth dari materi genetik DNA yang baik dalam waktu 22 bulan.

Sayangnya, spesimen bayi mammoth itu tak memberikan DNA yang cukup berkualitas. Meski demikian, hal itu tak melunturkan semangat para ilmuwan, yang percaya bahwa suatu hari nanti mereka akan menemukan DNA bagus dari Siberia.

Untuk menghidupkan kembali mammoth, bisa dilakukan dengan menyuntikkan sperma ke dalam sel telur hewan tersebut, yang masih punya kekerabatan erat dengan gajah Asia dan menghasilkan binatang hibrida. Alternatif lainnya adalah dengan menciptakan klon mammoth murni dari penggabungan inti sel mammoth dengan sel telur gajah yang telah dihilangkan DNA-nya.

Tidak ada komentar: