Senin, 21 Juli 2008

ikan terkuat dalam sejarah



Field Museum
Seperti digambarkan, ikan Dunkleosteus memiliki rahang yang sangat kuat dengan gigi pedang.




Ikan Terkuat Sepanjang Sejarah



Masih ingat film Jaws yang menggambarkan betapa mengerikan serangan seekor hiu putih raksasa? Membayangkan makhluk khayalan Peter Benchley, pengarang novel yang mengilhami film tersebut, atau melihat wujudnya dalam film mungkin cukup membuat dahi Anda mengernyit, tapi ada makhluk laut yang jauh lebih mengerikan.

Hidup sekitar 400 juta tahun yang lalu, ikan Dunkleosteus terrelli memiliki gigitan yang kekuatannya dua kali gigitan hiu putih. Bayangkan saja, saat menggigit, tekanannya sebanding dengan tekanan benda seberat 5.000 kilogram yang dijatuhkan bebas.

Perkiraan tersebut merupakan hasil pemodelan komputer yang dilakukan Philip Anderson dari Universitas Chicago dan Mark Westneat, seorang kurator di Museum Field, AS. Mereka menggunakan bentuk fosil tengkorak ikan purba tersebut untuk memodelkan gerakan mulut dan kekuatan gigitan.

Ia memusatkan tekanan gigitan pada bagian lancip di ujung rahangnya dengan kekuatan 5.625 kilogram percentimeter persegi. Meski demikian, ia bisa membuka mulutnya dengan cepat. Hasil simulasi menunjukkan, ia hanya butuh waktu seperlima puluh detik sehingga dapat mengunyah mangsanya dengan cepat.

Ikan modern umumnya memiliki gigitan yang kuat atau cepat, tapi tidak kedua-duanya. Kemampuan yang dimiliki Dunkleosteus mungkin berkaitan dengan bentuk tengkorak dan otot-otot berbeda yang dipakai untuk membuka dan menutup mulut.

"Dunkleosteus bisa menghancurkan apapun yang ada di sekitarnya," kata Anderson yang merupakan peneliti utama yang melaporkan maklahnya di jurnal Biology Letters edisi Selasa (28/11). Menurut kedua peneliti, ikan tersebut merupakan salah satu predator utama pada periode Devonian, antara 415 juta hingga 360 juta tahun lalu.

Tubuhnya sepanjang 10 meter dengan berat 4 ton. Para ilmuwan menyebutnya raja monster laut. Ia merupakan ikan yang memiliki rahang paling kuat sepanjang sejarah sehingga setara dengan T. Rex atau aligator.

Ia muncul sekitar 175 juta tahun sebelum ada dinosaurus. Selain termasuk hewan bertulang belakang awal yang memiliki rahang, ia juga diklasifikasikan sebagai placoderm, kelompok ikan primitif yang memiliki kulit kepala dan leher keras.

Dunkleosteus tidak memiliki gigi-gigi tajam seperti yang dimiliki predator laut modern. Tapi, mulutnya memiliki tulang pipih yang tajam di rahangnya.

Bisa jadi, Dunkleosteus memangsa placoderm lainnya, misalnya hiu. Nyatanya, hiu berkembang menjadi semakin beragam dan besar saat monster laut purba itu punah dengan alasan yang belum diketahui.

Tak salah kalau para peneliti menyebutnya sebagai ikan paling kuat sepanjang sejarah.

Tidak ada komentar: