Senin, 21 Juli 2008

zaman batu

Orang Gua Zaman Batu Suka Bernyanyi

Senin, 7 Juli 2008 - 14:20 wib


(foto: ist.)
PARIS - Sebuah temuan yang dikemukakan Iegor Reznikoff, pakar musik kuno di University of Paris X, mengungkapkan, musik dan bernyanyi telah dikenal manusia sejak zaman batu.

Reznikoff mengatakan, saat itu manusia gua yang hidup pada 10.000?40.000 tahun lalu menggunakan musik atau bernyanyi untuk mendeteksi gua baru. "Mereka membuat bunyi-bunyian untuk mengetahui kedalaman atau kondisi dalam gua yang baru mereka temukan," ujarnya.

Mereka menggunakan teknik gaung tersebut karena cahaya obor tidak dapat menembus sampai ke dalam gua," lanjut Reznikoff yang akan mempresentasikan temuannya pada ajang Acoustical Society of America di Paris.

Reznikoff menemukan analisis tersebut berdasarkan sejumlah gambar dinding gua kuno yang terdapat di pinggiran Prancis. Gambar-gambar tersebut memperlihatkan aktivitas manusia gua yang menunjukkan mereka sedang membuat bunyi-bunyian. Salah satu gua yang mempunyai banyak gambar kuno adalah sebuah gua di Lascaux.

Menurut Reznikoff, dari teknik gaung tersebut, manusia akhirnya mengembangkan kombinasi bunyi-bunyian itu menjadi sebuah harmoni. Perlahan tapi pasti, bunyi-bunyian tersebut akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang membuat orang senang.

Tidak ada komentar: